Thursday, August 9, 2007

3 Jenis yang Nyaris Sama

Dalam taksonomi, keladi merupakan angota dari famili Araceae. Selain keladi, anggota famili ini antara lain : Aglaonema, Philodendron, Anthurium, Amorphophallus (bunga bangkai), Zamioculcas, dan masih banyak lagi. Ciri utama anggota Araceae adalah bunga-nya memuliki sebuah spadix (bagian yang memanjang) dan sebuah spathe (semacam kelopak yang berada di pangkal spadix) (sumber: Keladi.net).
Di Indonesia, kalo kita menyebut tanaman keladi maka orang akan menunjuk pada genus Alocasia, Caladium, dan Colocasia. Ketiga genus ini emang mirip. Biar jelas lihat gambar ini …*postingan tanpa gambar adalah Hoax…(sumber: pepeng)*
Nah kalo ubi talas masuk golongan Colocasia, tapi bisa disebut keladi juga, namun menurutku seh bukan keladi hias.
Untuk bisa membedakan 3 genus itu..hmm..susah…para ahli biologi yang tepat berbicara tentang hal ini…secara umum seh yaaaa ketiga gambar itu bisa memperjelas perbedaane.

3 comments:

gun sikasep said...
This comment has been removed by the author.
gun sikasep said...

wuaah kebetulan banget nih, saya lagi search lewat mbah google nyari keladi, eeeh nyasar ke sini. kolektor keladi yah? baru kemaren2 nih kesemsem ama keladi. jd sekarang lagi nyari info jenis2 keladi+nama2 ilmiahnya. emang keladi itu ada berapa jenis sih? punya foto2nya ga? minta donk.. klo bisa sama daftar harga di pasarannya yah hehe.. sekarang saya baru punya empat macem keladi, tapi ga tau tuh keladi apaan..

salam kenal,
guniez, the rocker

esti aristiana sukmawati said...

salam kenal. saya juga penggemar baru keladi. kemarin habis dapat thr terus dibelanjakan beberapa jenis alokasia dari Mekarsaru nursery Pontianak dan keladi thailand (order dari nursery Seratus tanaman Denpasar). kalau ada info tempat-tempat yang jual keladi thai dengan harga miring, boleh lah saya dikabari. matur nuwuuunnn